Teknologi Penyambung Khatulistiwa



 Presented by Ngawur, Powered by Pusat Teknologi


Teknologi, ya mendengar kata ini pasti tujuan kita mengarah kepada sesuatu yang canggih dan modern. Dengan kecanggihan dan kemodernannya tersebut teknologi mampu berkembang pesat di seluruh belahan dunia, tak terkecuali negara kita, Indonesia. Dengan kemajuan tersebut memunculkan berbagai jasa-jasa informasi maupun barang sebagai bahan referensi masyarakat kita, seperti pusat teknologi. Selain jasa resmi banyak juga para kreator-kreator Indonesia yang bersedia sharing ilmunya melalui blogger mereka, seperti blogger nusantara. Dengan adanya berbagai “fasilitas” tersebut kita tidak perlu susah-susah  untuk mengupdate informasi teknologi.
Di Indonesia sendiri perkembangan teknologi memang sangat pesat terutama dalam hal jejaring sosial yang kini lagi hangat-hangatnya digunakan masyarakat Indonesia, terutama kawula muda. Contoh dari jejaring sosial tersebut yakni facebook, twitter, dan lain-lain. Ada yang bilang “gak punya facebook/twitter gak gaul”. Dengan adanya pernyataan tersebut menunjukkan betapa tergantungnya masyarakat kita terhadap jejaring sosial.
Tidak ada salahnya masyarakat memiliki berbagai macam akun jejaring sosial, malah bisa dikatakan bermanfaat bagi dirinya. Salah satunya adalah bisa menambah teman dunia maya, tetapi pastinya teman yang dapat memberikan manfaat positif bagi kita. Kenapa begitu, karena jejaring sosial ini ibarat pisau bermata dua, dimana apabila kita bisa memanfaatkan dengan baik kita akan memperoleh banyak teman dan pengetahuan dari jejaring sosial tersebut, sebaliknya apabila kita tidak berhati-hati dalam menggunakan bisa dipastikan kita akan mendapat “bencana” yang diakibatkan teknologi ini. Sekedar contoh, banyak kejadian di negara kita mengenai tindakan asusila yang diakibatkan dari jejaring sosial, kasus seperti ini terutama mendera para kawula muda. Dengan adanya fenomena seperti ini sudah tentunya kita sebagai masyarakat yang bijak dapat menggunakan fasilitas teknologi ini dengan sebaik mungkin, yang mana kita bisa mengambil manfaatnya dan sebisa mungkin menghindari pengaruh negatif dari teknologi tersebut.
Nah, bagaimana cara kita menghindari hal-hal negatif yang diakibatkan jejaring sosial tersebut? Tidak susah kok apabila kita memang bisa menjaga diri kita, salah satunya adalah dengan berinternet sehat. Ya, kita bisa memanfaatkan jejaring sosial tersebut dengan memanfaatkannya sebagai ajang kita mencari teman di nusantara ini untuk berbagi cerita mengenai daerah dan budaya kita. Kedengarannya memang terlalu simpel dan terlalu biasa ya kalau cuma mencari teman. Tapi jangan salah, dengan kita memiliki teman dari berbagai penjuru nusantara kita akan memiliki rasa kebanggaan tersendiri lho. Kenapa begitu? Ya dengan memiliki teman dari daerah di Indonesia sudah pastinya kita bisa berbagi informasi mengenai daerah kita masing-masing, terutama budaya kita. Dengan begitu kita sebagai masyarakat Indonesia, terutama kawula muda yang terkenal holic banget dengan jejaring sosial dapat lebih mengetahui betapa megahnya budaya yang ada di nusantara ini. Apalagi di beberapa jejaring sosial terdapat fitur grup yang bisa digunakan saling share informasi-informasi mengenai budaya-budaya Indonesia.
Tidak hanya budaya, ada lagi yang bisa kita share dengan teman-teman dunia maya kita, salah satunya adalah wisata yang ada di Indonesia. Kalau membicarakan hal yang satu ini pasti banyak yang minat, mengingat begitu banyaknya potensi wisata yang ada di Indonesia yang pantas untuk dikunjungi. Dengan berbagi informasi mengenai wisata ini kita dapat lebih mempersiapkan diri lebih matang apabila mau berlibur ke suatu tempat, salah satunya mengenai penginapan. Jadi, kita tidak perlu cari informasi kesana kemari untuk sekedar mencari informasi penginapan dan lain-lain.
Pada intinya manfaat dari jejaring sosial itu tidak hanya apa yang saya sebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat yang bisa kita ambil apabila kita memang benar-benar bijak dalam menggunakannya. Daripada kita bicara ngawur tidak jelas di jejaring sosial yang bisa membawa masalah, mendingan kita memanfaatkannya dengan hal-hal yang positif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGAN PROBLEMATIKA PERIKANAN DAN KELAUTAN INDONESIA DENGAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR

Facebook Teman Berbagi Budaya Khatulistiwa

Lagu Anak-Anak Semakin Kurang ”Greget”