RAMADHANKU TETAP SERU DAN ASYIK



Ramadhan tiba…Ramadhan tiba…Ramadhan tiba
Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya Ramadhan
Nah, itulah sepenggal lirik lagu khasnya Opik ketika menyambut Ramadhan

Kalau Opik saja semangat dengan kedatangan Ramadhan, bagaimana dengan kita? Tentunya lebih semangat juga dong. Ramadhan jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, justru dengan Ramadhan kita harus meningkatkan amal kebaikan kita karena di bulan penuh berkah ini Allah SWT mengobral pahala untuk umat-Nya.
Bulan Ramadhan memiliki keutamaaan tersendiri dibanding dengan bulan-bulan yang lain. Berikut adalah keutamaan bulan Ramadhan :

·        Bulan Tarbiyah untuk mencapai derajat taqwa.
Bulan Ramadhan adalah kesempatan buat kaum muslimin untuk meningkatkan takwanya. Pernyataan ini diterangkan dalam QS. Al Baqarah ayat 183.
·        Bulan diturunkannya Al Qur’an
Bulan Ramadhan, yang pada bulan itu Al Qur’an diturunkan sebagai petunjuk buat manusia dan penjelasan tentang petunjuk itu, dan sebagai pemisah (yang haq dan yang batil), diterangkan dalam QS Al Baqarah ayat 185.
·        Bulan yang paling utama, bulan penuh berkah
Dari Ubadah bin Ash-Shamit, bahwa Rasulullah saw -pada suatu hari, ketika Ramadhan telah tiba- bersabda: Ramadhan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah, pada bulan itu Allah swt memberikan naungan-Nya kepada kalian. Dia turunkan Rahmat-Nya, Dia hapuskan kesalahan-kesalahan, dan Dia kabulkan doa. pada bulan itu Allah swt akan melihat kalian berpacu melakukan kebaikan. Para malaikat berbangga dengan kalian, dan perlihatkanlah kebaikan diri kalian kepada Allah. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat Rahmat Allah swt”. (HR Ath-Thabarani).
·        Bulan ampunan dosa, bulan peluang emas melakukan ketaatan
Barang siapa yang melakukan ibadah di malam hari bulan Ramadhan, karena iman dan mengharapkan ridha Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni. (Muttafaqun ‘alaih). Apabila Ramadhan datang, maka pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syaithon-syaithon dibelenggu. (Muttafqun ‘alaih).
·        Bulan dilipat gandakannya amal shaleh
Rabb-Mu berkata: “Setiap perbuatan baik dilipat gandakan pahalanya sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa, puasa itu untuk-Ku, dan Akulah yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai yang melindungi dari api neraka. Bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih wangi dari pada parfum misik.

Dengan banyaknya keutamaan bulan Ramadhan ini, sayang dong kalau kita lewatkan begitu saja. Sebagai muslim yang cerdas sudah seharusnya kita memanfaatkan keutamaan-keutamaan tersebut. Nah bagaimana caranya memanfaatkan bulan penuh berkah ini biar tetap seru?
Ini adalah beberapa kiat-kiat versi saya untuk menghadapi bulan Ramadhan biar tetap seru dan asyik, semoga saya juga bisa melaksanakan pastinya. Aminnn..

·        Buka bersama
Kalau kegiatan satu ini pastinya tidak pernah ketinggalan bagi teman-teman, terutama para mahasiswa ini. Tapi bagaimana kalau keuangan lagi “kanker” alias kantong kering, sedangkan teman-teman mengajak buka bersama di sebuah tempat makan yang lumayan mahal bagi kita. Caranya, coba deh ajak teman-teman Anda untuk buka bersama di masjid-masjid yang menyediakan ta’jil. Jangan malu deh kalau urusan begini, daripada Anda harus merelakan uang yang seharusnya buat kebutuhan lain. Tidak ada salahnya kalau teman-teman mencoba cara ini, Insya Allah teman-teman Anda mau kok, sekali-sekali buka bersama dengan masyarakat lah.

·        Tadarus seru
Salah satu amalan di bulan Ramadhan adalah tadarus. Tadarus bisa dilaksanakan kapan saja. Tapi bagaimana biar tadarus tetap seru. Nah, sambil menunggu buka puasa bareng teman-teman, apa salahnya kita tadarus bareng bersama. Daripada kita ngobrol gak jelas yang endingnya nanti ngomongin orang lain, itu malah mengurangi pahala puasa kita. Tapi tadarusnya jangan hanya ketika buka bersama, tapi harus setiap hari guys.

·        Ikut kajian Islam
Satu lagi, sebisa mungkin ikuti kajian Islam yang diadakan di masjid-masjid maupun  tempat lain yang mengadakan kegiatan ini. Selain mengisi waktu luang kita, kita akan mendapatkan tambahan ilmu dengan mengikuti kajian ini.

·        Beramal selagi ada
Apabila teman-teman punya rejeki lebih, alangkah baiknya menyisihkan rejeki tersebut untuk saudara-saudara kita yang kurang mampu. Apabila memang tidak ada, usahakan kita mengisi kotak amal yang ada di masjid selama bulan Ramadhan ini, walauapun tidak setiap hari. Paling tidak di bulan penuh berkah ini kita telah beramal.

·        Jalan-jalan habis sholat Subuh
Habis sahur jangan lupa sholat Subuh, setelah sholat Subuh usahakan jangan tidur lagi kawan. Coba jalan-jalan pagi sehabis sholat Subuh, pasti enak dan hawanya masih segar pastinya. Jalan-jalan subuh lebih seru lagi apabila bareng teman-teman.

·        Tour ke masjid-masjid
Apabila di hari-hari biasa kita sering jalan-jalan ke mall, taman, atau tempat rekreasi lainnya. Nah, sekarang waktunya kita tour ke masjid-masjid. Ajak teman-teman untuk tour ke masjid-masjid yang ada di daerah kamu. Sekalian menunggu buka puasa, syukur syukur masjid yang kita kunjungi menyedikan ta’jil, kan menghemat keuangan kita.

·        Dengerin musik religi
Lebih asyik lagi kalau bulan puasa ini kita selingi dengan mendengarkan lagu-lagu religi ketika waktu luang, daripada kita mendengar lagu-lagu yang mengarah ke hal-hal yang mengurangi pahal puasa. Lebih baik kita dengerin lagu-lagu religi, banyak kok lagu-lagu religi Indonesia yang enak di telinga.

Nah, itu tadi kiat-kiat menjalani bulan Ramadhan ini biar tetap seru. Saya juga ingin mencobanya nih, jadi ayo kita jalani bareng-bareng biar bulan Ramadhan ini tetap seru dan asyik.
Selamat mencoba!!

http://www.isdaryanto.com/keutamaan-bulan-suci-ramadhan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGAN PROBLEMATIKA PERIKANAN DAN KELAUTAN INDONESIA DENGAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR

Facebook Teman Berbagi Budaya Khatulistiwa

Lagu Anak-Anak Semakin Kurang ”Greget”