Facebook Teman Berbagi Budaya Khatulistiwa

Perkembangan teknologi sekarang ini memang begitu pesat, karena pesatnya banyak dari masyarakat yang telah kecanduan akan kecanggihan teknologi tersebut, dari usia anak-anak hingga dewasa bahkan usia lanjut. Fenomena seperti ini tidak bisa dipungkiri karena dari kecanggihan teknologi tersebut aktivitas manusia bisa dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Contohnya saja jejarang sosial yang telah booming beberapa tahun terakhir ini, facebook. Facebook telah membius masyarakat dunia menjadi facebooker (istilah buat penggemar facebook). Kelompok ini tidak hanya dari kalangan ekonomi menengah ke atas, tetapi kalangan ekonomi menengah ke bawah juga ikut andil dalam menyemarakkan jejaring sosial satu ini. Jejaring sosial yang diluncurkan pada tahun 2004 oleh mahasiswa Harvard University ini telah menyita banyak facebooker di seluruh dunia, termasuk negara Indonesia. Indonesia sendiri bahkan pada Maret 2011 menduduki peringkat kedua pengguna facebook dunia setelah negara Amerika Serikat dan mengalahkan negara Inggris.
Dari perkembangan facebook yang begitu cepat seperti ini pasti memiliki dampak. Dengan adanya facebook masyarakat Indonesia telah melek internet, ini merupakan dampak positif. Namun dampak negatif facebook pastinya ada, salah satunya adalah masyarakat banyak menghabiskan waktunya hanya untuk main-main dengan facebook, sehingga mereka dikhawatirkan melupakan pekerjaan yang seharusnya mereka kerjakan.
Namun dari segala dampak tersebut kita sebagai orang yang bijak seharusnya dapat mengambil peluang maupun manfaat dari adanya teknologi tersebut, termasuk facebook sendiri. Jejaring sosial ini memang sudah dikemas sedemikian rupa menjadi suatu media yang sangat efektif dan mudah digunakan oleh masyarakat, salah satunya berbagi informasi. Nah, dari manfaat berbagi informasi ini kita sebagai masyarakat Indonesia bisa memanfaatkannya menjadi suatu media berbagi informasi mengenai budaya-budaya yang ada di negara kita. Dari kegiatan bertukar info seperti ini pastinya akan menambah pengetahuan bagi pengguna facebook yang ada di Indonesia. Hal ini juga sangat efektif dalam menyebarluaskan informasi budaya Indonesia ke semua lapisan masyarakat Indonesia karena pengguna facebook sendiri tidak memandang usia dan kelas ekonomi. Selain itu, salah satu fitur dari facebook adalah “grup”, yakni suatu fitur yang mana berisi tentang para pengguna facebook yang memiliki tujuan tertentu, kita bisa mengambil contoh grup “Budaya Indonesia”. Dari grup ini nanti kita bisa menggali info-info tentang budaya Indonesia kepada pengguna facebook lain yang telah tergabung dalam grup tersebut. Selain info berupa kata-kata, kita juga bisa mengupload gambar maupun video tentang budaya Indonesia sehingga bisa dinikmati oleh sesama anggota grup. Jadi efektif sekali jika facebook ini dijadikan media pelestarian budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia. Salam Budaya Indonesia !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGAN PROBLEMATIKA PERIKANAN DAN KELAUTAN INDONESIA DENGAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR

Lagu Anak-Anak Semakin Kurang ”Greget”