PESONA WISATA KOTA SANTRI



Berbicara mengenai kota Santri, pasti di benak kita langsung mengarah ke kabupaten Jombang. Ya, kota ini mendapat sebutan kota santri karena banyaknya pondok pesantren yang berdiri di kota yang bertetangga dengan kabupaten Mojokerto. Kabupaten Jombang adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang secara geografis berbatasan dengan kabupaten Lamongan di sebelah utara, kabupaten Kediri di sebelah selatan, kabupaten Mojokerto di sebelah timur, dan kabupaten Nganjuk di sebelah barat.
Kalau berbicara mengenai pariwisata di kabupaten Jombang, pastinya banyak sekali obyek wisata kabupaten Jombang yang bisa bahkan wajib kita kunjungi ketika liburan. Kabupaten Jombang memiliki banyak obyek wisata yang oleh pemerintah setempat dikelompokkan menjadi beberapa jenis wisata, antara lain wisata buatan, wisata alam, wisata minat khusus, dan wisata religius. Dari beberapa jenis whsata tersebut terdapat beberapa obyek wisata yang menarik di kabupaten Jombang. Berikut beberapa obyek wisata yang ada di kabupaten Jombang :
-          Tirta Wisata
Tirta wisata merupakan salah satu dalam kategori wisata buatan, obyek wisata ini terletak di desa Keplaksari kecamatan Peterongan atau di tepi jalan raya Jombang-Surabaya. Di obyek wisata ini terdapat balekambang, kolam pancing, kolam renang, dan lapangan tenis. Selain menyajikan berbagai wahana wisata tersebut, obyek wisata ini juga sering menyelenggarakan berbagai konser musik.
-          Wanawisata Sumberboto
Obyek wisata ini termasuk dalam wisata alam yang pengelolaannya di bawah binaan dari Perhutani tepatnya terletak di desa Grobogan kecamatan Mojowarno. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawasan terutama wisatawan lokal. Keunggulan dari obyek wisata ini adalah hawa sejuk pegunungan serta suasana yang masih asri karena banyaknya pepohonan. Di obyek wisata ini juga terdapat kolam renang air hangat. Tempat ini juga dimanfaatkan oleh para teman-teman pramuka untuk mengadakan perkemahan.
-          Air Terjun Tretes
Nah, obyek wisata ini merupakan obyek wisata yang terkenal di Jawa Timur. Ya, air terjun Tretes merupakan air terjun tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian 158 meter. Obyek wisata ini terletak di dusun Tretes desa Galengdowo kecamatan Wonosalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo di Gunung Jurug Guah dalam komplek Gunung Anjasmoro (2277 m).
-          Goa Sigolo-golo
Obyek wisata alam yang lain di kabupaten Jombang adalah goa Sigolo-golo. Goa ini terletak di dusun Kranten, desa Panglungan Kecamatan Wonosalam. Kondisi obyek wisata ini masih alami karena belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Untuk mencapai goa ini wisatawan diharuskan berjalan kaki lewat jalan setapat yang berliku dan naik turun. Konon, obyek wisata ini jaman dahulu adalah tempat bersemedi Patih Maudoro dari kerajaan Majapahit yang mana adalah ayah kandung Damar Wulan.
-          Makam K.H. Hasyim Asy'ari, K.H. Wachid Hasyim, dan Gus Dur
Selain obyek wisata alam, kabupaten Jombang juga memiliki obyek wisata minat khusus. Salah satunya adalah makam K.H. Hasyim Asy'ari, K.H. Wachid Hasyim, dan Gus Dur yang terletak di komplek pondok pesantren Tebuireng desa Cukir kecamatan Diwek. Tempat wisata sekarang ramai dikunjungi peziarah setelah Gus Dur wafat. Tidak sedikit bus-bus terparkir di depan pondok pesantren Tebuireng ini. Di sekitar tempat wisata ini juga terdapat para penjual beraneka macam souvenir yang ada gambar Almarhum Gus Dur.
-          Klenteng Hong San Kiong
Nah, ada satu lagi kategori obyek wisata di kabupaten Jombang. Ya, wisata religi. Salah satu dari wisata religi di kabupaten Jombang adalah klenteng Hong San Kiong yang terletak di desa Gudo kecamatan Gudo. Klenteng ini biasanya ramai pengunjung ketika perayaan tahun baru Imlek yang mana terdapat serangkaian acara, diantaranya wayang potehi dan pertunjukkan barongsai.
Setelah lelah mengelilingi kota santri, sudah pastinya Anda para wisatawan berburu souvenir khas Jombang bukan? Nah, di kabupaten Jombang sendiri terdapat pusat kerajinan yang telah menembus pasar internasional bahkan pernah dikunjungi presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kerajinan tersebut adalah manik-manik kaca. Industri kerajinan ini terletak di desa Plumbon Gambang kecamatan Gudo. Produk dari kerajinan ini berupa kalung, gelang, tasbih, dan lain-lain yang berasal pecahan kaca kemudian diolah oleh tangan-tangan terampil menjadi produk berkelas tersebut.
Jadi, tunggu apa lagi??? Ayo kunjungi kabupaten Jombang, kabupaten dengan sejuta pesona wisatanya.

http://kotaangin.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGAN PROBLEMATIKA PERIKANAN DAN KELAUTAN INDONESIA DENGAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR

Facebook Teman Berbagi Budaya Khatulistiwa

Lagu Anak-Anak Semakin Kurang ”Greget”